Minggu, 05 April 2015

Media Massa

MEDIA MASSA

Media Massa (Mass Media) Sering disingkat jadi "media", yang arti adalah channel, media atau medium, saluran, dan alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass communication). Komunikasi massa sendiri merupakan kependekan dari komunikasi melalui media massa.

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu. Media Massa dibagi beberapa jenis yaitu :
  • Media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, dan surat kabar”. 
  • Media Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain (Soehadi, 1978:38). 
  • Yang termasuk media massa terutama adalah suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).
Media Massa dikenal sudah lama oleh masyarakat di indonesia, media massa sendiri banyak terbagi bentuknya :
  • Media Cetak, media massa yang dicetak dalam lembaran kertas. Dari segi formatnya dan ukuran kertas, media massa cetak secara rinci meliputi : Koran, Tabloid, Majalah, Buku, Newsletter dan Buletin.
  • Media Elektronik dan Online, Elektronik jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti Radio, Televisi, dan Film
  • Media Online, yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (Situs WEB)
Peran Media Massa :
  1. Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
  2. Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
  3. Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
  4. Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
  5. Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.
Karakteristik Media Massa :
  1. Publisitas : disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak. 
  2. Universalitas : pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum). 
  3. Periodisitas : tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
  4. Kontinuitas : berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit. 
  5. Aktualitas : berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.
Fungsi Media Massa :
  1. Informasi (to inform), adapun informasi dalam bentuk siaran Televisi maupun Radio yang dimana ada program yang menginformasikan secara jelas dari fakta yang ada. 
  2. Mendidik (to educate), mendidik seperti halnya membaca koran banyak tersaji berita dan tidak hanya berita tetapi ada unsur mendidik, televisi juga bisa menjadi sarana mendidik
  3. Menghibur (to entertain), media massa harus bisa menyediakan hiburan-hiburan tertentu dalam program-program yang disediakna oleh pemilik media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar